Pantai Ayah / Logending

Pantai Ayah atau biasa orang menyebutnya dengan Pantai Logending merupakan salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Lokasi pantai ini terletak sekitar 45 km dari pusat kota Kebumen.

Jika berkunjung ke pantai ini anda akan disuguhkan dua wisata yang berbeda yaitu wisata pantai (bahari) dan juga wisata hutan. Hutan yang dimaksud adalah hutan wisata logending yang juga digunakan sebagai nama lain pantai ayah tersebut.

sunset pantai ayah kebumen
Sunset pantai ayah kebumen, instagram @ersas_elnino

Asal usul nama pantai ayah / pantai logending

Nama pantai ayah diambil dari nama desa dan kecamatan tempat pantai ini berada, yaitu di desa Ayah, kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Sedangkan logending sendiri diambil dari nama hutan wisata yang terletak dekat pantai yaitu hutan wisata logending.

Hutan wisata tersebut dikelola oleh Perum Perhutani wilayah setempat.

Menurut sejarah dulunya hutan wisata logending digunakan oleh pemerintah Belanda pada masa penjajahan sebagai tempat pengawasan dan pos untuk para tentara berjaga, dan pada masa revolusi sekitar tahun 1948 hingga 1950 digunakan sebagai lokasi persembunyian pejuang militar untuk mempertahankan wilayah tersebut dibuktikan dengan adanya benteng peninggalan didekat lokasi tersebut.

Keunikan pantai

Ada hal menarik dari pantai ayah ini, yaitu terdapat tanaman langka yang tumbuh di sekitar lokasi, yaitu pohon Mahoni Afrika.

Tanaman tersebut tumbuh di hutan logending, jika anda mencari tanaman ini di tempat lain di Indonesia maka anda akan sangat susah menemukannya.

Para peneliti dari berbagai penjuru juga sering menjadikan lokasi sekitar pantai dan hutan sebagai tempat penelitian karena keunikannya.

Daya tarik pantai ayah

Suasana alam dan pemandangan yang disuguhkan pantai ini sangat indah, dengan air jernih serta hamparan pasir pantai yang luas dan lumayan landai sangat cocok digunakan untuk bersantai maupun berolahraga sepak bola, voli pantai, atau hanya sekedar berjalan-jalan dan duduk di pinggir pantai.

hutan mangrove pantai logending
Hutan mangrove pantai logending, instagram @reznaga

Di dekat pantai ada lokasi unik yaitu muara ayah yang memisahkan kabupaten kebumen dan kabupaten cilacap.

Anda dapat menyewa perahu untuk menyusuri muara tersebut untuk melihat pemandangan lain seperti hutan mangrove dipinggir muara yang tampak hijau dan indah.

Bagi anda yang senang berkemah atau camping, wilayah pantai ayah sangat cocok dijadikan lokasi untuk mendirikan tenda, biasanya lokasi berkemah terletak di hutan jati perum perhutani, tempatnya luas, bersih dan lumayan sejuk.

Pantai ini juga terdapat tempat pelelangan ikan dan penangkaran ubur-ubur, jika berkunjung bersama keluarga anda bisa membawa pulang oleh-oleh ikan segar untuk dimasak dirumah.

Tempat wisata lain di dekat pantai ayah / pantai logending yang bisa anda kunjungi ketika berwisata, yaitu Goa Jatijajar. Letaknya tidak jauh dari pantai, sekitar 8km saja.

Fasilitas pantai

Fasilitas yang disediakan lumayan lengkap, seperti tempat untuk duduk bersantai bersama keluarga, lokasi berkemah dan area parkir yang cukup luas sehingga anda tidak perlu khawatir jika menggunakan mobil.

Tempat ibadah juga sudah disediakan, dan jika ingin menginap ada cukup banyak tempat menginap yang bisa anda pilih sesuai keinginan.

Untuk yang membawa anak kecil ada tempat bermain khusus anak-anak.

Ingin merasakan suasana lain pantai ayah? ada penyewaan perahu dan pusar informasi pariwisata untuk bertanya-tanya.

Banyak sekali penjual yang menjajakan bermacam-macam dagangan, mulai dari makanan dan minuman yang menjual ikan laut dalam keadaan segar, hingga kerajinan khas kebumen yang bisa anda bawa pulang sebagai suvenir.

Harga tiket masuk pantai ayah / pantai logending

Untuk memasuki tempat wisata pantai ayah / logending dikenakan biaya Rp4.000,- rupiah untuk orang dewasa sedangkan untuk anak-anak 2000 rupiah, cukup murah bukan?

Rute ke lokasi pantai ayah / pantai logending

Untuk menuju pantai ayah atau pantai logending ini anda dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, maupun kendaraan umum seperti bus.

Khusus yang menggunakan kendaraan umum bisa melalui terminal kebumen, cari bus yang melewati pantai ayah, anda dapat menanyakannya di terminal, untuk waktu tempuh dari terminal sekitar 1 jam saja.

Sedangkan yang menggunakan kendaraan pribadi anda bisa mengikuti penunjuk arah yang banyak terpasang di pinggir jalan, jika dari kota kebumen ditempuh sekitar 1 jam.

Baca juga: Pantai Marina, Semarang, Jawa Tengah

Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat peta dibawah sebagai panduan untuk mengunjungi lokasi pantai ayah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *