Pantai Baron Gunungkidul Yogyakarta, Sebuah Teluk yang Menawan

Pantai Baron Yogyakarta
Pantai Baron Yogyakarta via www.instagram.com

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang terkenal dengan tempat wisata pantainya, bahkan hingga puluhan pantai yang ada di Gunungkidul. Salah satu pantai yang lumayan terkenal yaitu Pantai Baron, tempatnya di Desa Kemandang, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jika di hitung dari pusat kota Yogyakarta jaraknya sekitar 50an kilometer, yang bisa ditempuh kurang lebih 1,5 – 2 jam menggunakan kendaraan pribadi.

Asal usul nama Pantai Baron ternyata berasal dari nama seorang bangsawan Eropa bernama Baron Skeber, entah kenapa nama Baron bisa dijadikan nama pantai tersebut, beritanya masih simpang siur.

Terlepas dai semua itu, pantai baron tetap menjadi salah satu tujuan wisata yang berada di gunungkidul, keindahan pemandangan pantainya serta wisata kuliner yang beraneka macam menambah daya tarik pantai ini.

Letak geografis pantai baron

Pantai baron sebenarnya terletak di posisi teluk yang tidak terlalu dalam, yang diapit oleh tebing-tebing tinggi di kanan dan kiri pantai, Anda juga dapat melihat mercusuar di puncak tebing bagian timur pantai.

Mercusuar Pantai Bbaron Jogja
Mercusuar Pantai Bbaron Jogja via www.instagram.com

Sebenarnya di pantai baron diperbolehkan berenang, namun harus tetap hati-hati dan harus mendapat pengawasan karena letak pantai yang berhubungan langsung dengan samudra hindia menyebabkan ombak yang ada termasuk besar.

Muara di pantai baron

Pada salah satu sudut pantai baron terdapat muara kecil yang menjadi tempat bertemunya air laut dan air tawar, menjadikan pantai ini unik. Hal tersebut menjadikan daya tarik tersendiri dari pantai ini.

Muara Pantai Baron Jogja
Muara Pantai Baron Jogja via www.instagram.com

Kapal-kapal nelayan setempat juga banyak terparkir dilokasi pantai baron, pada saat tidak digunakan untuk mencari ikan Anda dapat menggunakannya sebagai objek foto atau background agar foto Anda menarik.

Kapal Nelayan Pantai Baron
Kapal Nelayan Pantai Baron via www.instagram.com

Jika lapar di sekitar lokasi pantai baron terdapat warung-warung atau restoran yang menyediakan berbagai macam olahan seafood, sepeti ikan, lobster, cumi, udang dan lain-lain yang dapat memanjakan lidah.

Saat ingin pulang di pinggir jalan keluar pantai baron terdapat banyak penjual cenderamata dan oleh-oleh khas, Anda bisa memilih dan membelinya untuk dijadikan oleh-oleh khas gunungkidul.

Untuk akses ke lokasi pantai baron Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika tidak menggunakan kendaraan pribadi dari kota Yogyakarta bisa menggunakan bus menuju kota wonosari kemudian menggunakan angkutan umum langsung menuju pantai baron.

Koordinat GPS pantai baron: -8.128825, 110.548775

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *