Pantai Gua Cina Malang, Surga Tersembunyi dengan Fenomena Alam Langka

Sunrise pantai gua cina
Sunrise pantai gua cina via instagram.com (adityapoundra)

Berbagai tempat wisata pantai yang mempunyai keunikan di antara keindahan yang ditawarkan. Sebuah pantai terkenal dengan debur ombak, hamparan pasir, hembusan angin sepoi-sepoi, dan deretan pepohonan yang menyejukkan. Akan tetapi pantai Gua Cina mempunyai daya tarik tersendiri dibandingkan dengan pantai lain. Terdapat sebuah gua di bukit pinggir pantai yang konon digunakan oleh pertapa Cina untuk bersemedi. Selain adanya sebuah gua di sebuah pantai yang menarik perhatian, di pantai ini terdapat fenomena langka dari aliran ombak lautnya.

Secara administratif, pantai yang belum terlalu terekspos ini terletak di Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Malang Selatan, Jawa Timur. Lokasi pantai ini berdekatan dengan pantai Sendang Biru dan berjarak sekitar 6 km ke arah barat. Pesona alami masih sangat kental dengan air laut yang masih biru dan jernih, pepohonan lebat yang menampakkan keasrian kawasan pantai, dan lingkungan pesisir yang begitu bersih. Deretan tiga pulau yang berada di tengah-tengah pantai, menciptakan pemandangan yang indah.

Pantai gua cina malang
Pantai gua cina malang via instagram.com (mizz4yuworkplay)

Mengenal Fenomena Langka dan Pesona Alami Pantai Gua Cina

Kabupaten Malang menyimpan sejuta keindahan pantai yang menawan. Wisata pantai yang ada di kota bunga ini tersebar di bagian selatan. Pantai Gua Cina mempunyai sisi keindahan pantai yang berbeda dengan pantai lain. Letak kekhasannya dimulai dengan nama pantainya sendiri. gua Cina adalah nama yang mengundang rasa penasaran. Setelah dirunut, nama tersebut berasal dari adanya gua di sisi kanan pantai dengan rongga menjorok sekitar 8 meter dengan ketinggian sekitar 2 meter dan pernah digunakan oleh pertapa Cina untuk bersemedi.

Sunset pantai gua cina
Sunset pantai gua cina via instagram.com (florentinaanna)

Setelah mengenal maksud nama tersebut, keunikan selanjutnya adalah fenomena alam yang sangat langka. Pantai Gua Cina ini menghadirkan fenomena yang menakjubkan dan secara khusus hadir di pantai ini. fenomena alam tersebut berupa gelombang yang bersimpangan dan hadir dari tiga arah yang berbeda, yaitu dari arah timur, barat, dan selatan. Arus gelombang tersebut selalu bertabrakan di antara pulau Bantengan dan pulau Nyonya dan menimbulkan suara gemuruh. Pertemuan ketiga arus dari arah yang berbeda tersebut menyebabkan adanya ombak yang sangat besar dan tidak memungkinkan untuk nelayan berlayar. Dengan demikian, pantai ini sepi akan aktivitas nelayan. Pengunjung juga dilarang untuk berenang di pantai yang memiliki arus hebat ini.

Keindahan pantai tak kalah dengan keunikan yang mengelilinginya. Kebersihan dan keasrian pantai mengundang wisatawan untuk bertandang menikmati sajian panorama pantai. Kelestarian alam pesisir yang masih terjaga merupakan daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Karena keindahannya yang membahana, kegiatan foto prewedding dilakukan di kawasan pantai yang ada di Malang ini. selain prewedding, pantai Gua Cina menyediakan area untuk camping bagi wisatawan untuk berkemah.

Koordinat pantai Goa Cina : -8.447192,112.653708

Peta alamat pantai Goa Cina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *