Pantai Nampu

Pantai nampu wonogiri
Pantai nampu wonogiri, instagram @indradharmawan17

Pantai Nampu yang Memukau

Pantai Nampu mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Namun, pantai yang berlokasi di Desa Dringo ini memiliki keindahan yang pastinya akan memukau setiap orang yang melihatnya. Letak pantai Nampu ini berada di wilayah kecamatan Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah. Jaraknya mencapai 70 kilometer dari kota Wonogiri. Kira-kira memakan waktu sekitar dua jam perjalanan darat untuk sampai ke sana dari pusat kota. Jalan menuju pantai lumayan kecil dan sempit. Di sana juga ada beberapa tikungan dan tanjakan yang rawan kecelakaan. Jadi, pengendara khususnya pengendara mobil harus hati-hati, terlebih jika dari arah lain juga ada mobil. Karena jalannya sempit, sayang sekali kalau mobil Anda sampai bergesekan.

Wisata pantai nampu wonogiri
Wisata pantai nampu wonogiri, instagram @fransiskayohana

Harga Tiket Masuk Pantai Nampu

Untuk memasuki pantai yang cantik ini harga tiket masuknya lumayan murah untuk masyarakat Indonesia.

  • Harga tiket masuk: Rp1.000,- per orang
  • Parkir motor: Rp2.000,-
  • Parkir mobil: Rp5.000,-

Pesona Pantai Nampu

Pemandangan di pantai ini sangat indah dengan kombinasi bukit-bukit hijau, pasir putih dan air lautnya yang kebiruan. Ombaknya lumayan dahsyat karena Pantai Nampu merupakan pantai Selatan yang khas dengan keganasan ombaknya.

Sunset pantai nampu wonogiri
Sunset pantai nampu wonogiri, instagram @daris_r

Garis pantai yang satu ini lumayan panjang. Bahkan pantai ini dibagi menjadi tiga bagian yang terpisah bukit-bukit. Orang-orang biasa menyebut tiga bagian tersebut sebagai pantai utama, pantai kedua dan pantai ketiga. Pantai utama yaitu pantai yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Akses kesana mudah, pengunjung hanya perlu menuruni bukit menggunakan tangga yang tersedia. Di pantai utama ada beberapa gubuk milik pedagang yang kebanyakan hanya buka ketika hari libur. Ketika hari-hari biasa, biasanya di sana tidak ada penjual. Jadi, disarankan untuk membawa bekal jika Anda akan kesana pada hari-hari sibuk.

Pantai nampu wonogiri drone
Pantai nampu wonogiri drone, instagram @jm_muhammadnur

Dari pantai utama jika ingin ke Pantai Nampu kedua dan ketiga, pengunjung perlu berjalan kaki ke arah barat melewati bukit. Akses jalan tidak semudah ke pantai utama, jalanannya setapak rerumputan dan batu-batu yang membentuk jalan karena sering dilewati. Namun, berjalan di jalan tersebut tidaklah buruk karena sambil berjalan bisa menikmati pemandangan menawan dan anginnya yang sepoi-sepoi. Jika sampai di pantai kedua, lelah jalan kaki Anda juga terbayar oleh pemandangan yang cantik. Tidak jauh dari pantai ada sungai kecil yang sekelilingnya ada rerumputan hijau. Asri dan sejuk dipandang.

Foto pantai nampu wonogiri
Foto pantai nampu wonogiri, instagram @inimimma

Kemudian, untuk menuju pantai ketiga, pengunjung bisa menyebrangi sungai di pantai kedua ke arah barat lalu melintasi bukit di sampingnya. Sampai di pantai ketiga, pengunjung akan disambut dengan pemandangan hijau pohon-pohon di pinggir pantai. Pantai ketiga ini terbilang jarang pengunjung, mungkin karena akses jalannya yang susah. Namun, biasanya pantai ini juga digunakan untuk berkemah. Menghabiskan waktu semalam di Pantai Nampu tidaklah merugikan. Ketika menjelang malam, Anda bisa menyaksikan sunset yang indah. Tidak hanya itu, menjelang paginya sunrise yang terlihat juga tidak kalah menawannya. Sudah banyak orang yang mengonfirmasi keindahan sunrise dan sunset di pantai tersebut.

Koordinat pantai nampu wonogiri : -8.2104915, 110.9012925

Untuk jalur akses bisa lihat peta pantai nampu dibawah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *