Pantai Sundak

Tidak heran jika Yogyakarta selalu menjadi salah satu tujuan destinasi wisata para wisatawan dari seluruh penjuru tanah air. Selain terkenal karena budayanya yang mendunia, Yogyakarta juga menyuguhkan berbagai objek wisata yang dapat membuat mata terbelalak ketika memandanginya. Banyak sekali tempat-tempat yang dapat dikunjungi di kota gudeg ini, mulai dari wisata adventure, objek-objek bersejarah, bangunan-bangunan tua seperti Taman Sari, panorama wisata alam seperti Gunung Merapi hingga yang paling terkenal yaitu wisata pantainya. Ada beberapa pantai yang sangat menarik dikunjungi di Yogyakarta salah satunya adalah Pantai Sundak.  Pantai ini terletak bersama barisan pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul dan termasuk salah satu dari pantai yang paling menawan di Yogyakarta.

Pantai sundak yogyakarta
Pantai sundak yogyakarta via instagram @trisnoanugrah

Pantai Sundak dan Semua Keindahannya

Pesona keindahan laut yang disajikan mampu menarik ribuan wisatawan setiap tahunnya.  Tidak hanya wisatawan lokal bahkan wisatawan mancanegara pun ingin mengabadikan momen di pantai ini. Air lautnya yang biru dan bersih benar-benar bisa memanjakan mata pengunjungnya.  Bagi anda yang suka fotografi, wisata pantai ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Bisa dipastikan anda akan mendapatkan hasil foto yang sangat menakjubkan dengan latar belakang panorama laut  yang eksotis. Tidak hanya itu, menggunakan gaun pengantin dengan menaiki perahu karet bertemakan ombak di tepi pantai juga bisa anda lakukan di tempat ini. Anda tidak perlu khawatir dengan hasilnya, karena ombak yang ringan dan pasir pantai yang mulus akan membuat hasil foto anda sempurna.

 

Sunset pantai sundak
Sunset pantai sundak via instagram @natgeoindonesia

Jika anda mengunjungi Pantai Sundak tidak perlu takut kelaparan, karena banyak warung yang dapat menyediakan menu seafood kesukaan anda. Ini sangat cocok bagi anda yang mencintai dunia kuliner. Bisa dibayangkan betapa lezatnya menu ikan laut segar di lidah anda, karena hidangan yang diberikan memiliki cita rasa yang tinggi dan dibuat dengan rempah-rempah asli penduduk Yogyakarta.

Baca juga : Pantai Wediombo Yogyakarta

Pantai Sundak memang tidak terlalu luas, bibir pantainya tidak terlalu panjang, namun keindahan matahari terbit yang disuguhkan bisa membuat anda enggan untuk kembali pulang. Sinar keemasan akan memancar sempurna dan menerpa hangat wajah anda di pagi hari. Selain itu, di salah satu sisi pantai terdapat sebuah goa yang di dalamnya terdapat sumber mata air. Menurut cerita warga setempat, goa tersebut dahulunya dihuni oleh seekor anjing dan landak.  Air yang berasal dari mata air di dalam goa tersebut sangat jernih, sehingga sampai saat ini masyarakat masih menggunakannya sebagai sumber air minum dan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pantai sundak wonosaro
Pantai sundak wonosaro via instagram @bejamz

Selain adanya goa yang katanya memiliki legenda menarik, Pantai Sundak juga menyediakan beberapa pondok-pondok kecil yang bisa kita tempati sambil menikmati segelas air kelapa muda.  Di bagian sisi kanan dan kiri terdapat beberapa batu-batu besar yang digunakan sebagai pembatas antara pantai satu dengan yang lainnya.

Koordinat pantai sundak : -8.1470818, 110.6057384

Peta pantai sundak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *