Pantai Jayanti

Kabupaten Cianjur punya sebuah pantai di pesisir selatan yang sangat eksotis yaitu Pantai Jayanti. Pantai ini punya satu ikon lokasi dermaga menjorok ke laut yang mirip dengan Pantai Jumunjin dalam drama korea terkenal Goblin. Spot inilah yang menjadi daya tarik utama banyak wisatawan berkunjung.

Pantai jayanti
Pantai jayanti, instagram @irwankusnadi17

Selain itu, Pantai Jayanti juga menjadi rumah bagi ratusan kapal nelayan yang bersandar. Tentu saja, para wisatawan juga bisa membeli dan menikmati ikan hasil tangkapan nelayan disini. Pantai Jayanti dulunya memang hanya dijadikan sebagai tempat bersandar kapal nelayan. Tapi seiring waktu, banyak wisatawan lokal dan dari luar daerah yang tertarik dengan keindahannya.

Harga Tiket Masuk Pantai Jayanti

Tiket masuk ke Pantai Jayanti cukup murah dan dihitung per kendaraan yang dibawa. Menurut Dinas Pariwisata Kabupaten Cianjur harga tiket masuk ke pantai ini cukup murah, anda hanya perlu membayar Rp5.000 untuk motor dan Rp15.000 untuk mobil. Tidak ada biaya lain kecuali jika keperluan pribadi Anda.

Untuk harga penginapan berkisar Rp200.000 an, jika anda jeli memilih tempat menginap mungkin bisa mendapatkan harga yang lebih murah di lokasi-lokasi tertentu.

Rute ke Pantai Jayanti

Pantai Jayanti tepatnya berada di Jl. Pantai Jayanti, Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Lokasinya berada cukup jauh dari pusat Kota Cianjur. Jaraknya sekitar 138 km dan bisa ditempuh dalam waktu 4 jam perjalanan. Anda bisa mengambil rute ke selatan menyusuri Jl. Raya Cibeber – Jl. Cempaka-Sukanegara – Jl. Pagelaran-Sukanagara – Cibinong – Pantai Jayanti.

Maps Pantai Jayanti

Fasilitas Pantai Jayanti

Karena masih terbilang sebagai objek wisata baru, maka Pantai Jayanti belum punya fasilitas yang mewah. Namun, pantai ini tetap punya fasilitas dasar seperti:

Penginapan

Jika Anda ingin bermalam di sekitar lokasi, Anda bisa menginap di penginapan sederhana atau rumah warga yang memang disewakan. Bahkan Anda bisa mendapatkan harga yang sangat terjangkau hanya Rp50.000 saja permalamnya.

Saung

Jika Anda ingin menghabiskan waktu untuk melihat keindahan pantai tanpa terkena panas matahari, Anda bisa menyewa saung. Ada beberapa saung kecil yang dibangun di sepanjang pantai dan memang disewakan bagi pengunjung.

Warung Makan

Anda juga bisa mencicipi hidangan laut yang segar dan lezat di warung pinggir Pantai Jayanti. Ada beberapa warung milik warga lokal yang khusus menyajikan hidangan hasil tangkapan nelayan. Ada juga warung yang menyediakan ikan segar ataupun ikan asap untuk Anda bawa pulang.

Toilet

Pantai Jayanti juga sudah dilengkapi dengan toilet yang memudahkan para pengunjungnya untuk buang air besar/kecil. Toilet disini biasanya dikenakan tarif tertentu sesuai kesepakatan penduduk lokal/pengelola pantai.

Spot Menarik Pantai Jayanti

Pantai Jayanti dikenal dengan ombaknya yang besar dan ganas. Selain itu, ada juga spot pantai yang berbahaya dan membentuk palung dalam. Jadi Anda sebaiknya berkunjung saja ke spot-spot berikut ini yang terbilang aman:

Dermaga Batu

Dermaga batu pantai jayanti
Dermaga batu pantai jayanti, instagram @mang_chenko

Dermaga ini jadi bagian paling populer. Anda bisa menikmati sejuknya angin pantai sekaligus melihat pemandangan dengan lebih leluasa melalui dermaga yang menjorok ke laut. Tapi Anda juga harus ekstra hati-hati karena ombak di sekitar dermaga sangat besar.

Benteng Beton

Benteng beton pantai jayanti
Benteng beton pantai jayanti, instagram @deya.lindamaris

Di sekitar pantai dibangun benteng beton untuk melindungi pantai dari kikisan ombak. Anda yang ingin berswafoto dengan aman bisa menggunakan spot ini. Bagian belakang benteng beton ini juga menjadi lokasi berdirinya warung milik masyarakat lokal.

Kapal Nelayan

Kapal nelayan
Kapal nelayan, instagram @fhataranihasya

Di pantai ini banyak sekali terdapat kapal-kapal nelayan yang bersandar di pinggir pantai, bagus dijadikan untuk foto-foto karena kapal yang berjajar membentuk pemandangan yang indah.

Sunset dan Sunrise di Pantai

Sunset pantai jayanti
Sunset pantai jayanti, instagram @dien_zm

Karena pantai ini menghadap ke arah selatan, Anda bisa menikmati indahnya sunrise di pagi hari dan sunset di sore hari. Momen ini bisa Anda nikmati di hamparan pantai yang aman. Wisatawan juga bisa menikmatinya di benteng dan dermaga beton.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *